HOME
PROFILE
EVENT
ARTICLE
GALLERY
CARRIER
PARTNERS
EMAIL

Informasi PPDB


DAFTAR UNIT :



IP Address : 23.23.37.116
Pengunjung : 925.986






Komentar Terbaru :




Newsflash :
PROFICIAT UTK KORPS PUTRI TARAKANITA YG MENJADI JUARA FAVORIT DAN JUARA III FRONT ENSEMBLE DLM GRAND PRIX MARCHING BAND (GPMB) 2016             |             SMA TARAKANITA GADING SERPONG TGR MERAIH JUARA 1 OLIMPIADE SOSIOLOGI TINGKAT NASIONAL YG DISELENGGARAKAN OLEH UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA             |             PROFICIAT UTK REYNARD ARDIAN SIMANJUNTAK (SMP STELLA DUCE 1,YK) YG MERAIH JUARA 1 TINGKAT NASIONAL DLM LOMBA INDONESIA ROBOTIK OLIMPIADE DI SURABAYA             |             PROFICIAT UTK SMP ST.CAROLUS SBY ATAS PRESTASI WILLIAM SETIADJI YG MERAIH 'JUARA II' & RAYMOND VALENTINO YG MERAIH 'JUARA I DAN BEST EXPERIMENT' DLM INDONESIA SCIENCE AND MATHEMATICS OLYMPIAD CHALLENGE 2016 TINGKAT NASIONAL             |             PROFICIAT UTK SMP TAR 1 JKT YG MERAIH 'JUARA I GITAR SOLO' DLM FLS2N TINGKAT PROVINSI DKI             |             PROFICIAT KPD CLARISSA FELICIA (KELAS XII MIPA4 SMA STELLA DUCE I,YK) YG MERAIH JUARA II OLIMPIADE BIOLOGI TINGKAT NASIONAL DI YOGYAKARTA             |             PROFICIAT UTK VOCAL GROUP : SMP TARAKANITA 4 (JUARA I), SMP TARAKANITA 3 (JUARA II), SMP TARAKANITA 5 (JUARA III) DALAM FLS2N TINGKAT PROVINSI DKI JAKARTA             |             PROFICIAT UTK NIKITA DEVY HARYONO (SMA STELLA DUCE 1,YK) YG MERAIH JUARA 1 DLM LAWATAN SEJARAH TINGKAT NASIONAL             |             PROFICIAT UTK HOO VALENCIA ANGELIQUE YG MEMPERKUAT TIM BASKET INDONESIA DAN MERAIH JUARA 2 DLM ASEAN SCHOOL GAMES DI THAILAND             |             SELAMAT KEPADA SD TARAKANITA 3 JAKARTA ATAS PRESTASI SEBAGAI SEKOLAH ADIWIYATA MANDIRI 2016

Berita Kegiatan :



SUSUN KURIKULUM TARAKANITA, TANGGAPI TANTANGAN PENDIDIKAN GLOBAL

Jumat; 09 September 2016 [Admin, YAYASAN TARAKANITA PUSAT] - Berita Umum

Memasuki tahun reorientasi dalam pentahapan Rencana Strategis menuju Tarakanita Baru, Divisi Pendidikan Yayasan Tarakanita memfasilitasi proses analisis, kajian, dan penyusunan kurikulum berciri khas. Tujuannya tidak lain adalah pengembangan Kurikulum Tarakanita sebagai kurikulum yang memiliki keunggulan dan diferensiasi berciri khas Tarakanita, berbasis Pendidikan Karakter yang bermuara pada Keunggulan Akademik dan Karakter Peserta Didik. Kegiatan tahap pertama diadakan di Rumah Doa Guadalupe Jakarta Timur dari tanggal 30/8-2/9/16. Hadir sebagai peserta 52 guru jenjang SD, SMP, dan SMA dari seluruh sekolah Tarakanita, didampingi oleh para Kepala Divisi Pendidikan Wilayah dengan difasilitasi oleh Dr. Nancy Susiana, M.Pd. sebagai narasumber.

 
Sr. Marie Yose, CB selaku Ketua Pengurus dalam pengantar acara mengingatkan bahwa layanan pendidikan mengejawantahkan spiritualitas Bunda Elisabeth, mewartakan khabar sukacita Injil, dan berkomitmen dalam menanggapi persoalan-persoalan kehidupan yang penuh tantangan dengan tetap berpihak pada mereka yang membutuhkan. Dasar spiritualitas inilah yang hendaknya juga menyertai seluruh proses penyusunan kurikulum di sekolah. Hadir juga Sr. Dr. Yustiana, CB yang menyampaikan materi tentang Arah Dasar Sekolah Katolik. Sr. Dr. Yustiana CB menegaskan bahwa sekolah hendaknya semakin profesional dan semakin berkualitas unggul, karena hal itu juga menjadi salah satu karakteristik sekolah-sekolah katolik. Lembaga pendidikan katolik berperan sebagai media pewarta khabar gembira yang unggul dan berpihak pada yang miskin, setia terhadap pencerdasan kehidupan bangsa, setia terhadap ciri khas Katolik dan setia terhadap semangat luhur pendiri.
 
Diskusi spesifik tentang kurikulum diawali dengan pemahaman dasar mengenai paradigma berpikir Backward Design yang disampaikan oleh Bp. Amb. Sigit Kristiantoro, dilanjutkan dengan pemahaman framework kurikulum Tarakanita berdasarkan kajian terhadap Kurikulum Nasional, Kurikulum Internasional, dan Konsep Pendidikan Karakter Tarakanita oleh Bp. Yosef Todarung. Langkah penyusunan kurikulum dipandu oleh Dr. Nancy Susiana, M.Pd diawali dengan pemahaman mengenaii model dan metode pembelajaran, pemetaan kompetensi berdasarkan standar kompetensi dan kompetensi dasarnya, sampai dengan mekanisme penyusunan indikator dan penilaian. Tahapan kajian dan penyusunan kurikulum masih akan dilanjutkan sampai dengan tahap keempat sesuai dengan yang direncanakan. (ASK)

 
 
 






Komentar - komentar untuk berita ini :
bintara - 01 November 2016 13:37:33
Mungkinkah ini sebagai bagian dan cikal bakal untuk merumuskan sistem penjaminan mutu pendidikan Tarakanita yang dinamis dan menyeluruh untuk dapat menjawab tantangan dunia pendidikan. Lanjutkan dan tetap semangat demi terwujudnya Tarakanita Baru

--ref562--
bintara - 01 November 2016 13:42:07
Mungkin ini merupakan bagian dan cikal bakal untuk merumuskan sistem penjaminan mutu pendidikan Tarakanita yang dinamis dan menyeluruh untuk menjawab tantangan dunia pendidikan. Lanjutkan dan tetap semangat untuk mewujudkan Tarakanita Baru.

--ref563--
Linaa - 21 November 2016 11:05:38
Semangat terus untuk kurikulum barunya Tarakanita.. semoga makin maju ya.. Masukan dari saya: Mulai dari siswa KB bahasa inggrisnya lebih ditingkatkan lagi 50% english communication dari masuk kelas, di dalam kelas, hingga pulang. agar siswa lebih terlatih dan terbiasa. mandarinnya juga lebih di tingkatkan. Tarakanita yes...

--ref658--
ysm - 21 November 2016 15:24:01
Maju terus... pada dasarnya kurikulum adalah seperangkat rancangan pendidikan dan pembelajaran yang aplikatif, kontekstual,dan sesuai yang dibutuhkan oleh peserta didik..Tarakanita OK

--ref659--


Silahkan isi komentar pada form di bawah ini.
Nama :
Alamat Email :
Komentar :

Jawab Pertanyaan berikut 27 - 55 :



Berita Lainnya :