HOME
PROFILE
EVENT
ARTICLE
GALLERY
CARRIER
PARTNERS
EMAIL

Informasi PPDB


DAFTAR UNIT :



IP Address : 54.158.10.156
Pengunjung : 793.198






Komentar Terbaru :




Newsflash :
PROFICIAT UTK SMP ST.CAROLUS SBY ATAS PRESTASI WILLIAM SETIADJI YG MERAIH 'JUARA II' & RAYMOND VALENTINO YG MERAIH 'JUARA I DAN BEST EXPERIMENT' DLM INDONESIA SCIENCE AND MATHEMATICS OLYMPIAD CHALLENGE 2016 TINGKAT NASIONAL             |             PROFICIAT UTK SMP TAR 1 JKT YG MERAIH 'JUARA I GITAR SOLO' DLM FLS2N TINGKAT PROVINSI DKI             |             PROFICIAT KPD CLARISSA FELICIA (KELAS XII MIPA4 SMA STELLA DUCE I,YK) YG MERAIH JUARA II OLIMPIADE BIOLOGI TINGKAT NASIONAL DI YOGYAKARTA             |             PROFICIAT UTK VOCAL GROUP : SMP TARAKANITA 4 (JUARA I), SMP TARAKANITA 3 (JUARA II), SMP TARAKANITA 5 (JUARA III) DALAM FLS2N TINGKAT PROVINSI DKI JAKARTA             |             PROFICIAT UTK NIKITA DEVY HARYONO (SMA STELLA DUCE 1,YK) YG MERAIH JUARA 1 DLM LAWATAN SEJARAH TINGKAT NASIONAL             |             PROFICIAT UTK HOO VALENCIA ANGELIQUE YG MEMPERKUAT TIM BASKET INDONESIA DAN MERAIH JUARA 2 DLM ASEAN SCHOOL GAMES DI THAILAND             |             SELAMAT KEPADA SD TARAKANITA 3 JAKARTA ATAS PRESTASI SEBAGAI SEKOLAH ADIWIYATA MANDIRI 2016             |             SEKOLAH - SEKOLAH TARAKANITA JAKARTA, TANAM POHON DI ECOPARK LIPI CIBINONG, SABTU 23 APRIL 2016             |             SELAMAT UNTUK KANDIDA RANI NYARIBUNYI DAN GABRIELLA ROSA THEOFANI, PERAIH BEASISWA STUDI 1 TAHUN DI HARIMA HIGH SCHOOL, JEPANG             |             PRILLY CECILIA HUTAURUK (SMA STELLA DUCE 1) AKAN MENGIKUTI LOMBA PIDATO BAHASA JEPANG TINGKAT NASIONAL, 13/02/16 PK.09.30-13.00 DI AUDITORIUM RRI JAKARTA

Berita Kegiatan :



Mengembangkan Budaya Sehat di Komunitas Sekolah

Kamis; 04 July 2013 [Admin, YAYASAN TARAKANITA PUSAT] - Berita Umum

Lingkungan yang sehat menjadi salah satu syarat penting bagi proses layanan pendidikan dan pembelajaran di sekolah. Demikian benang merah sambutan Bupati Tangerang A. Zaki Iskandar ketika mengantar proses penilaian lomba sekolah sehat nasional di TK Tarakanita Gading Serpong, Rabu 3/7. TK Tarakanita Gading Serpong sendiri terpilih melalui proses seleksi mewakili Propinsi Banten pada lomba tahun 2013 ini, sekaligus menjadi potret bagi kualitas sekolah sehat di unit-unit sekolah Tarakanita yang lain.

Implikasi sekolah sehat di Yayasan Tarakanita sendiri tidak hanya berkaitan dengan kesehatan fisik, tetapi juga kesehatan mental, emosional, dan spiritual. Perspektif environtmen dalam program kerja tahunan memberikan panduan dan arahan keterlibatan seluruh komunitas sekolah untuk membangun dan mengembangkan budaya sehat secara utuh dan menyeluruh. Masing-masing sekolah dapat mendesain dan menetapkan berbagai gerakan yang sesuai dengan kepentingan dan kebutuhan dengan tetap mengacu pada spirit dasar memberikan pelayanan dengan kualitas terbaik bagi peserta didik. Prinsip yang perlu dijaga adalah bahwa pendidikan lingkungan hidup harus tetap mewadahi kepentingan alam, sosial, budaya, dan sains/teknologi.

Seperti tercantum dalam Trias UKS bahwa penting mengupayakan pendidikan kesehatan, pelayanan kesehatan, dan juga pembinaan lingkungan yang sehat. Lingkungan belajar yang sehat, aman, dan nyaman akan membuat suasana belajar semakin kondusif sehingga upaya untuk menanamkan budi pekerti dan prilaku yang baik pun dapat berjalan maksimal. Untuk itu diperlukan upaya-upaya pembiasaan prilaku hidup bersih dan sehat di sekolah, seperti: mencuci tangan dengan air yang mengalir dan menggunakan sabun, mengkonsumsi jajanan/makanan sehat, menggunakan jamban yang bersih dan sehat, olahraga teratur dan terukur, memberantas jentik nyamuk, tidak merokok di area sekolah, menimbang berat dan mengukur tinggi badan, serta meletakkan sampah pada tempatnya.

Selain indikator-indikator tersebut, Tarakanita mengembangkan pola budaya “sehat” lainnya seperti gerakan senyum 227, salam, sapa dan santun, gerakan penataan area kerja melalui 5R, gerakan berjalan naik-turun tangga sebelah kiri, gerakan pengolahan dan pemanfaatan limbah sampah, gerakan menghabiskan bekal bawaan, gerakan menanam dan merawat pohon/tanaman, gerakan anti stereofom, dan lain-lain. Gerakan-gerakan tersebut tidak hanya bertujuan demi sehatnya fisik, tetapi juga demi sehatnya psikis, emosional, spiritual, dan juga sosial. *ASK

 

 

 

   

 





Komentar - komentar untuk berita ini :
Belum ada komentar pada artikel ini..


Silahkan isi komentar pada form di bawah ini.
Nama :
Alamat Email :
Komentar :

Jawab Pertanyaan berikut 23 * 98 :



Berita Lainnya :