HOME
PROFILE
EVENT
ARTICLE
GALLERY
CARRIER
PARTNERS
EMAIL

Kamis, 17 April 2014

Informasi PPDB


DAFTAR UNIT :



IP Address : 54.204.134.183
Pengunjung : 154.021






Newsflash :
SELAMAT DAN SUKSES MENEMPUH UJIAN NASIONAL 2014 UNTUK PESERTA DIDIK JENJANG SMA/K TARAKANITA, 14-16/4/14.             |             SD TARAKANITA GADING SERPONG SELENGGARAKAN FESTIVAL BUDAYA "INDAHNYA BALIKU" 12/4/14.             |             SMA TARAKANITA GADING SERPONG SELENGGARAKAN PELAJARAN LUAR SEKOLAH TERPADU KE LIPI CIBINONG, KEBUN RAYA BOGOR, DAN MUSEUM ZOOLOGICUM BOGORIENSE.             |             KELUARGA BESAR YAYASAN TARAKANITA WILAYAH LAHAT PERINGATI PESTA PELINDUNG ST. YOSEF 17-19 MARET 2014 DENGAN SPORT & EDUGAME SERTA EKARISTI SYUKUR.             |             SD TARAKANITA BUMIJO GELAR "TARAKANITA IN ACTION 2014" DENGAN TEMA "KREATIF, PEDULI, DAN RELA BERBAGI" TAMPILKAN PENSI KARYA SISWA DAN GURU, PEDULI LINGKUNGAN DAN BUDAYA LOKAL, SERTA BAKTI SOSIAL             |             HENDRA-HENDRI, ELISABETH, PUTRI SION SINAGA, SHINDY CHRISMONICA DARI SMA ST. CAROLUS RAIH PRESTASI LOMBA FESTIVAL BAND DAN SOLOSONG CYBER MUSIC SCHOOL PROPINSI BENGKULU 2014.             |             SD ST. YOSEF LAHAT RAIH JUARA PERTAMA LOMBA REDUCE-REUSE-RECYCLE TINGKAT PROPINSI SUMATERA SELATAN.             |             SMA STELLA DUCE 2 YOGYAKARTA RAYAKAN LUSTRUM V DENGAN PELATIHAN, OLAH RAGA, LOMBA SENI, CERAMAH KESEHATAN, BASAR, PAMERAN PENDIDIKAN, BAKTI SOSIAL DAN ORKESTRA, JANUARI-SEPTEMBER 2014.             |             PADUAN SUARA SD TARAKANITA BUMIJO RAIH JUARA PERTAMA STERO INTALENT EDUCATION RECITAL.             |             SELAMAT TAHUN BARU 2014, SEMOGA KEGEMBIRAAN DAN SEMANGAT BARU MENJADI KEKUATAN DALAM MENJALANI HIDUP DAN KARYA SEPANJANG TAHUN.

Berita Kegiatan :



Mengembangkan Budaya Sehat di Komunitas Sekolah

Kamis; 04 July 2013 [Sigit Ambrosius, YAYASAN TARAKANITA PUSAT] - Berita Umum

Lingkungan yang sehat menjadi salah satu syarat penting bagi proses layanan pendidikan dan pembelajaran di sekolah. Demikian benang merah sambutan Bupati Tangerang A. Zaki Iskandar ketika mengantar proses penilaian lomba sekolah sehat nasional di TK Tarakanita Gading Serpong, Rabu 3/7. TK Tarakanita Gading Serpong sendiri terpilih melalui proses seleksi mewakili Propinsi Banten pada lomba tahun 2013 ini, sekaligus menjadi potret bagi kualitas sekolah sehat di unit-unit sekolah Tarakanita yang lain.

Implikasi sekolah sehat di Yayasan Tarakanita sendiri tidak hanya berkaitan dengan kesehatan fisik, tetapi juga kesehatan mental, emosional, dan spiritual. Perspektif environtmen dalam program kerja tahunan memberikan panduan dan arahan keterlibatan seluruh komunitas sekolah untuk membangun dan mengembangkan budaya sehat secara utuh dan menyeluruh. Masing-masing sekolah dapat mendesain dan menetapkan berbagai gerakan yang sesuai dengan kepentingan dan kebutuhan dengan tetap mengacu pada spirit dasar memberikan pelayanan dengan kualitas terbaik bagi peserta didik. Prinsip yang perlu dijaga adalah bahwa pendidikan lingkungan hidup harus tetap mewadahi kepentingan alam, sosial, budaya, dan sains/teknologi.

Seperti tercantum dalam Trias UKS bahwa penting mengupayakan pendidikan kesehatan, pelayanan kesehatan, dan juga pembinaan lingkungan yang sehat. Lingkungan belajar yang sehat, aman, dan nyaman akan membuat suasana belajar semakin kondusif sehingga upaya untuk menanamkan budi pekerti dan prilaku yang baik pun dapat berjalan maksimal. Untuk itu diperlukan upaya-upaya pembiasaan prilaku hidup bersih dan sehat di sekolah, seperti: mencuci tangan dengan air yang mengalir dan menggunakan sabun, mengkonsumsi jajanan/makanan sehat, menggunakan jamban yang bersih dan sehat, olahraga teratur dan terukur, memberantas jentik nyamuk, tidak merokok di area sekolah, menimbang berat dan mengukur tinggi badan, serta meletakkan sampah pada tempatnya.

Selain indikator-indikator tersebut, Tarakanita mengembangkan pola budaya “sehat” lainnya seperti gerakan senyum 227, salam, sapa dan santun, gerakan penataan area kerja melalui 5R, gerakan berjalan naik-turun tangga sebelah kiri, gerakan pengolahan dan pemanfaatan limbah sampah, gerakan menghabiskan bekal bawaan, gerakan menanam dan merawat pohon/tanaman, gerakan anti stereofom, dan lain-lain. Gerakan-gerakan tersebut tidak hanya bertujuan demi sehatnya fisik, tetapi juga demi sehatnya psikis, emosional, spiritual, dan juga sosial. *ASK

 

 

 

   

 





Berita Lainnya :