HOME
PROFILE
EVENT
ARTICLE
GALLERY
CAREER
PARTNERS

PPDB 2020/2021


DAFTAR UNIT :









Komentar Terbaru :


IP Address : 34.204.191.145
Pengunjung : 3.043.707


Newsflash :
MEMPERTIMBANGKAN SITUASI PANDEMI COVID-19, PEMBERLAKUAN PSBB DKI JAKARTA, DAN DEMI KELANCARAN OPERASIONAL SEKOLAH MAKA YAYASAN TARAKANITA MEMUTUSKAN MELAKUKAN PENUNDAAN RELOKASI SD TARAKANITA 2 DAN SMP TARAKANITA 1 KE JL. PULO RAYA IV/17, DAN SMK TARAKANITA KE JL. WOLTER MONGINSIDI 118. RELOKASI AKAN DILAKUKAN 1 JANUARI 2021. UNTUK KBM SEMESTER I 2020-2021 AKAN TETAP DILAKSANAKAN DI LOKASI SEKOLAH SAAT INI.             |             BERDASARKAN KEPUTUSAN PENGURUS YAYASAN TARAKANITA No : 128/BP.keb/YT/IV/2020 :             |             1. PEMBELAJARAN JARAK JAUH ( PJJ ) PESERTA DIDIK, DIPERPANJANG SAMPAI DENGAN 30 APRIL 2020. MASUK SEKOLAH KEMBALI TANGGAL 4 MEI 2020, DENGAN CATATAN SITUASI DAN KONDISI SUDAH MEMUNGKINKAN.             |             2. KARYAWAN KANTOR PUSAT, KARYAWAN KANWIL DAN SEKOLAH TARAKANITA TANGERANG, SURABAYA, JAKARTA MELAKUKAN PEKERJAAN DARI RUMAH ( WORK FROM HOME ) SECARA PENUH TANGGAL 15 - 24 APRIL 2020, DAN MASUK KERJA DENGAN SISTEM SHIFTING DIMULAI PADA TANGGAL 27 APRIL 2020. KARYAWAN KANWIL DAN SEKOLAH DI BENGKULU, LAHAT, JAWA TENGAH, DAN YOGYAKARTA MULAI TANGGAL 15 APRIL 2020 MASUK KERJA DENGAN SISTEM SHIFTING ( BERGANTIAN ). TERIMA KASIH             |             BERDASARKAN KEPUTUSAN PENGURUS YAYASAN TARAKANITA NO : 123/BP.skpjj/YT/III/2020 :             |             1. PEMBELAJARAN JARAK JAUH (PPJ) / DARING UNTUK PESERTA DIDIK DAN WORK FROM HOME PENUH (UNTUK WILAYAH JAKARTA, TANGERANG, YOGYAKARTA, SURABAYA, DAN JAWA TENGAH) MAUPUN SHIFTING ( UNTUK WILAYAH BENGKULU DAN LAHAT) UNTUK KARYAWAN, DIPERPANJANG SAMPAI DENGAN 3 APRIL 2020             |             2. TANGGAL 6 S.D 14 APRIL 2020 LIBUR PASKAH UNTUK SELURUH SISWA DAN KARYAWAN             |             3. TANGGAL 15 APRIL 2020 DIRENCANAKAN MASUK KERJA DAN SEKOLAH SEPERTI BIASA, DENGAN MELIHAT SITUASI DAN KONDISI, YANG AKAN DIPUTUSKAN PENGURUS YAYASAN TARAKANITA KEMUDIAN. TERIMA KASIH             |             * UNTUK SEMENTARA BERLAKU DI TARAKANITA WILAYAH JAKARTA & TANGERANG, UNTUK WILAYAH LAIN BERLAKU SHIFTING / KARYAWAN BERGANTIAN WORK FROM HOME.             |             SEHUBUNGAN DENGAN UPAYA PENCEGAHAN PENYEBARAN COVID-19 MAKA OPERASIONAL DI KANTOR PUSAT - KANTOR WILAYAH - SEKOLAH TARAKANITA, DITIADAKAN MULAI TANGGAL 20 MARET S/D 29 MARET 2020. SELANJUTNYA PROSES BELAJAR MENGAJAR DILAKUKAN JARAK JAUH DAN LAYANAN OPERASIONAL DENGAN WORK FROM HOME. TERIMA KASIH

Artikel :



Belajar Bersama Bapak Menteri


Jumat; 05 June 2020 [Admin, YAYASAN TARAKANITA PUSAT] - Artikel Umum

Yoletta Sentia B., M.Pd.

Guru SD Tarakanita 1 Jakarta

 

SD Tarakanita 1, Jakarta bekerjasama dengan TCC (Tarakanita Crisis Center) pada Jumat, 22 Mei 2020, mengadakan program Belajar Daring SD Tarakanita Se-Indonesia dengan tema Belajar Online Untuk Masa Depan yang Lebih Baik dan yang menjadi narasumber adalah Prof. Bambang Permadi Soemantri Brojonegoro, S.E., M.U.P.,Ph.D (Menteri Riset dan Teknologi Republik Indonesia / Kepala Badan Riset Inovasi Nasional). Beliau adalah lulusan SD Tarakanita 1 tahun 1979.

Prof. Bambang memiliki pencapaian akademik dan karir luar biasa. Di sela-sela kesibukannya, beliau bersedia menerima undangan kami untuk memberikan motivasi belajar kepada kaum milenial. Suatu kehormatan untuk SD Tarakanita 1 mendapat kesempatan belajar bersama Prof. Bambang dan dengan menggunakan teknologi yang ada, kami dapat mengajak teman-teman SD Tarakanita se-Indonesia untuk bergabung belajar bersama kami. Kegiatan ini diikuti oleh SD Tarakanita yang terdiri dari 7 wilayah yaitu SD Sint. Carolus  Bengkulu, SD St. Yosef Lahat, SD Tarakanita Gading Serpong, SD Tarakanita Citra Raya, SD Tarakanita Jakarta, SD Tarakanita Yogyakarta, SD Tarakanita Magelang , SD Tarakanita Solo Baru, SD St. Yosef , SD St. Carolus, dan SD Kartini Surabaya dengan jumlah peserta sekitar 500 orang yang mengikuti langsung melalui zoom meeting. Ada pula yang mengikuti melalui youtube dan Hidup TV.

Prof. Bambang menyampaikan materi berkaitan dengan pandemi Covid-19 yang kemudian dihubungkan dengan kondisi pembelajaran yang terjadi saat ini. Sekalipun seorang guru besar, bahasa yang Prof. Bambang gunakan sangat membumi sehingga mudah dipahami oleh peserta pertemuan yang terdiri dari siswa kelas 5 SD Tarakanita se-Indonesia dan siswa kelas 6 khusus SD Tarakanita 1 Jakarta. Para peserta mampu menciptakan suasana kondusif selama kegiatan. Salah satu penanya, yaitu Hadriel dari SD Tarakanita 1, merupakan cucu keponakan Prof. Bambang. Beliau menyampaikan hal tersebut saat akan menjawab pertanyaan Hadriel.

Menurut Prof. Bambang, ciri khas sekolah Tarakanita dan sekolah Katolik lainnya adalah disiplin. Sikap disiplin sangat diperlukan dalam melakukan pembiasaan hidup. Selain sikap disiplin, diperlukan juga kemandirian dan tanggung jawab yang dapat menjadi jembatan kesuksesan. Seluruh peserta pertemuan sudah memulai sikap disiplin melalui cara sederhana, yaitu menaati kesepakatan yang sudah dibuat di awal, seperti tidak mencoret-coret slide yang ditampilkan dan mengikuti kegiatan sampai dengan selesai dengan tertib. Suatu langkah awal yang perlu diapresiasi karena kalau dihidupi dengan sungguh, dapat membentuk karakter yang lebih baik. Selain itu, perlu juga adanya keseimbangan antara pergaulan dan belajar.

Ada beberapa hal yang masih diingat oleh seorang Prof. Bambang dari Tarakanita. Selain sikap disiplin yang diajarkan, beliau juga masih ingat bentuk bangunan SD Tarakanita 1, dan hal yang tidak kalah menyentuh adalah saat moderator menyampaikan testimoni salah seorang guru yang pernah mengajar Prof. Bambang. Prof. Bambang menyampaikan bahwa beliau masih ingat pada sosok Ibu Aufrida Susminah yang menjadi gurunya saat kelas 1 SD.

Terima kasih untuk dukungan dari semua pihak sehingga kegiatan belajar bersama Bapak Menteri yang berlangsung sekitar 1,5 jam dapat berlangsung dengan lancar dan kondusif.

                             

Hanya orang yang bertanggung jawab dan mandiri yang akan meraih kesuksesan hidup. Selain itu, perlu juga adanya keseimbangan antara pergaulan dan belajar.

-Prof Bambang Brojonegoro, S.E., M.U.P., Ph.D.-





Komentar - komentar untuk artikel ini :
Belum ada komentar pada artikel ini..


Silahkan isi komentar pada form di bawah ini.
Nama :
Alamat Email :
Komentar :

Tuliskan Kode berikut :



Artikel Lainnya :