HOME
PROFILE
EVENT
ARTICLE
GALLERY
CAREER
PARTNERS

PPDB 2021/2022


DAFTAR UNIT :









Komentar Terbaru :


IP Address : 3.237.94.109
Pengunjung : 3.149.035


Newsflash :
Mengikuti kebijakan PSBB DKI Jakarta, maka mulai 14 September 2020 s/d 2 Oktober 2020 operasional Kantor dan Sekolah Tarakanita Jakarta ditutup. Kantor tidak menerima tamu. Pendaftaran Peserta Didik/PPDB dan keperluan lain mohon hubungi nomor call center: 08118771984             |             MEMPERTIMBANGKAN SITUASI PANDEMI COVID-19, PEMBERLAKUAN PSBB DKI JAKARTA, DAN DEMI KELANCARAN OPERASIONAL SEKOLAH MAKA YAYASAN TARAKANITA MEMUTUSKAN MELAKUKAN PENUNDAAN RELOKASI SD TARAKANITA 2 DAN SMP TARAKANITA 1 KE JL. PULO RAYA IV/17, DAN SMK TARAKANITA KE JL. WOLTER MONGINSIDI 118. RELOKASI AKAN DILAKUKAN 1 JANUARI 2021. UNTUK KBM SEMESTER I 2020-2021 AKAN TETAP DILAKSANAKAN DI LOKASI SEKOLAH SAAT INI.             |             BERDASARKAN KEPUTUSAN PENGURUS YAYASAN TARAKANITA No : 128/BP.keb/YT/IV/2020 :             |             1. PEMBELAJARAN JARAK JAUH ( PJJ ) PESERTA DIDIK, DIPERPANJANG SAMPAI DENGAN 30 APRIL 2020. MASUK SEKOLAH KEMBALI TANGGAL 4 MEI 2020, DENGAN CATATAN SITUASI DAN KONDISI SUDAH MEMUNGKINKAN.             |             2. KARYAWAN KANTOR PUSAT, KARYAWAN KANWIL DAN SEKOLAH TARAKANITA TANGERANG, SURABAYA, JAKARTA MELAKUKAN PEKERJAAN DARI RUMAH ( WORK FROM HOME ) SECARA PENUH TANGGAL 15 - 24 APRIL 2020, DAN MASUK KERJA DENGAN SISTEM SHIFTING DIMULAI PADA TANGGAL 27 APRIL 2020. KARYAWAN KANWIL DAN SEKOLAH DI BENGKULU, LAHAT, JAWA TENGAH, DAN YOGYAKARTA MULAI TANGGAL 15 APRIL 2020 MASUK KERJA DENGAN SISTEM SHIFTING ( BERGANTIAN ). TERIMA KASIH             |             BERDASARKAN KEPUTUSAN PENGURUS YAYASAN TARAKANITA NO : 123/BP.skpjj/YT/III/2020 :             |             1. PEMBELAJARAN JARAK JAUH (PPJ) / DARING UNTUK PESERTA DIDIK DAN WORK FROM HOME PENUH (UNTUK WILAYAH JAKARTA, TANGERANG, YOGYAKARTA, SURABAYA, DAN JAWA TENGAH) MAUPUN SHIFTING ( UNTUK WILAYAH BENGKULU DAN LAHAT) UNTUK KARYAWAN, DIPERPANJANG SAMPAI DENGAN 3 APRIL 2020             |             2. TANGGAL 6 S.D 14 APRIL 2020 LIBUR PASKAH UNTUK SELURUH SISWA DAN KARYAWAN             |             3. TANGGAL 15 APRIL 2020 DIRENCANAKAN MASUK KERJA DAN SEKOLAH SEPERTI BIASA, DENGAN MELIHAT SITUASI DAN KONDISI, YANG AKAN DIPUTUSKAN PENGURUS YAYASAN TARAKANITA KEMUDIAN. TERIMA KASIH             |             * UNTUK SEMENTARA BERLAKU DI TARAKANITA WILAYAH JAKARTA & TANGERANG, UNTUK WILAYAH LAIN BERLAKU SHIFTING / KARYAWAN BERGANTIAN WORK FROM HOME.

Artikel :



Kelas Online Siswa XI MIPA SMA Sint Carolus


Selasa; 02 June 2020 [Admin, YAYASAN TARAKANITA PUSAT] - Artikel Umum

Annuwar Ramadhan, S.Pd

Guru SMA Sint. Carolus Bengkulu


Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ,red) SMA Sint Carolus kelas XI MIPA Tahap 4 mata pelajaran Fisika yang dilaksanakan hari Selasa, 12 Mei 2020 sedikit berbeda dengan PJJ sebelumnya, karena hadir Prof. Dr. Agustinus Purna Irawan sebagai guru tamu dan kelas online ini menggunakan aplikasi zoom sehingga membuat animo yang begitu antusias dari para siswa. PJJ kali ini membahas kompetensi dasar tentang konsep gelombang bunyi yang bersifat aplikatif dengan tema “Potensi pemanfaatan gelombang bunyi dalam kehidupan sehari-hari”.

                                                                    Kelas Online Via Zoom


Pada sesi 1 PJJ, Siswa diberikan informasi tentang konsep dasar, klasifikasi, syarat, dan pemanfaatan gelombang bunyi dalam kehidupan sehari-hari. Selanjutnya, Pada Sesi 2 yang merupakan tahap inti siswa mengamati hasil produk siswa SMA Sint Carolus tentang pemanfaaatan gelombang bunyi dalam kehidupan sehari-hari dengan membuat miniatur toilet pintar dengan nama TAR ( Toilet Anti Rokok )  yang digunakan untuk mencegah siswa merokok dalam toilet berbasis arduino dengan memanfaatkan sensor manusia, sensor asap dan buzzer sebagai penanda bunyi jika ada siswa yang merokok. Hasil produk kedua yaitu membuat tong sampah pintar dengan nama TOBAT ( Tong Sampah Hebat ) yang akan berbunyi ketika tong sampah tersebut sudah terisi penuh.

                                      
                  TAR (Toilet Anti Rokok)                                           TOBAT (Tong Sampah Hebat)


Kemudian di sesi 3 Prof. Dr. Agustinus Purna Irawan yang merupakan Rektor Universitas Tarumanegara memberikan penguatan terhadap thema PJJ kali ini. Beliau menyatakan bahwa konsep fisika khususnya konsep gelombang bunyi harus dapat bermanfaat, mudah dan praktis diaplikasikan dalam kehidupan nyata untuk membantu memudahkan pekerjaan manusia. Di sesi ini siswa diajak berdiskusi dan tanya jawab seputar konsep gelombang bunyi. Dari sesi diskusi dan tanya jawab ini terlihat siswa sangat aktif, memiliki rasa ingin tahu yang tinggi, dan kritis tentang potensi pemanfaatan gelombang bunyi dalam kehidupan sehari-hari.


Pada sesi penutup Prof. Dr. Agustinus berpesan kepada siswa SMA Sint Carolus untuk memiliki mimpi dan cita-cita serta mewujudkan mimpi tersebut dengan daya juang, pantang menyerah, dan merawatnya supaya tetap menggema hingga tercapai. Kemudian dapat dibagikan kepada sesama supaya hidup lebih bermakna dan berbelarasa. Pada kesempatan ini juga perwakilan siswa kelas XI IPA 2 Bennedicta Vania Tandiono memberikan testimoni bahwa PJJ kolaborasi ini memberikan pengalaman pembelajaran online yang berbeda dan memiliki kesempatan berdiskusi dan tanya jawab dengan nara sumber yang sangat keren dan menginspirasi sekali sehingga mendapatkan wawasan, ilmu-ilmu Fisika dan mantra-mantra tentang perwujudan mimpi yang bisa menjadi dasar kami dalam menuju generasi cerdas berintegritas. (AY)







Komentar - komentar untuk artikel ini :
Belum ada komentar pada artikel ini..


Silahkan isi komentar pada form di bawah ini.
Nama :
Alamat Email :
Komentar :

Tuliskan Kode berikut :



Artikel Lainnya :