HOME
PROFILE
EVENT
ARTICLE
GALLERY
CAREER
PARTNERS

PPDB 2020/2021


DAFTAR UNIT :









Komentar Terbaru :


IP Address : 3.231.220.225
Pengunjung : 3.000.562


Newsflash :
MEMPERTIMBANGKAN SITUASI PANDEMI COVID-19, PEMBERLAKUAN PSBB DKI JAKARTA, DAN DEMI KELANCARAN OPERASIONAL SEKOLAH MAKA YAYASAN TARAKANITA MEMUTUSKAN MELAKUKAN PENUNDAAN RELOKASI SD TARAKANITA 2 DAN SMP TARAKANITA 1 KE JL. PULO RAYA IV/17, DAN SMK TARAKANITA KE JL. WOLTER MONGINSIDI 118. RELOKASI AKAN DILAKUKAN 1 JANUARI 2021. UNTUK KBM SEMESTER I 2020-2021 AKAN TETAP DILAKSANAKAN DI LOKASI SEKOLAH SAAT INI.             |             BERDASARKAN KEPUTUSAN PENGURUS YAYASAN TARAKANITA No : 128/BP.keb/YT/IV/2020 :             |             1. PEMBELAJARAN JARAK JAUH ( PJJ ) PESERTA DIDIK, DIPERPANJANG SAMPAI DENGAN 30 APRIL 2020. MASUK SEKOLAH KEMBALI TANGGAL 4 MEI 2020, DENGAN CATATAN SITUASI DAN KONDISI SUDAH MEMUNGKINKAN.             |             2. KARYAWAN KANTOR PUSAT, KARYAWAN KANWIL DAN SEKOLAH TARAKANITA TANGERANG, SURABAYA, JAKARTA MELAKUKAN PEKERJAAN DARI RUMAH ( WORK FROM HOME ) SECARA PENUH TANGGAL 15 - 24 APRIL 2020, DAN MASUK KERJA DENGAN SISTEM SHIFTING DIMULAI PADA TANGGAL 27 APRIL 2020. KARYAWAN KANWIL DAN SEKOLAH DI BENGKULU, LAHAT, JAWA TENGAH, DAN YOGYAKARTA MULAI TANGGAL 15 APRIL 2020 MASUK KERJA DENGAN SISTEM SHIFTING ( BERGANTIAN ). TERIMA KASIH             |             BERDASARKAN KEPUTUSAN PENGURUS YAYASAN TARAKANITA NO : 123/BP.skpjj/YT/III/2020 :             |             1. PEMBELAJARAN JARAK JAUH (PPJ) / DARING UNTUK PESERTA DIDIK DAN WORK FROM HOME PENUH (UNTUK WILAYAH JAKARTA, TANGERANG, YOGYAKARTA, SURABAYA, DAN JAWA TENGAH) MAUPUN SHIFTING ( UNTUK WILAYAH BENGKULU DAN LAHAT) UNTUK KARYAWAN, DIPERPANJANG SAMPAI DENGAN 3 APRIL 2020             |             2. TANGGAL 6 S.D 14 APRIL 2020 LIBUR PASKAH UNTUK SELURUH SISWA DAN KARYAWAN             |             3. TANGGAL 15 APRIL 2020 DIRENCANAKAN MASUK KERJA DAN SEKOLAH SEPERTI BIASA, DENGAN MELIHAT SITUASI DAN KONDISI, YANG AKAN DIPUTUSKAN PENGURUS YAYASAN TARAKANITA KEMUDIAN. TERIMA KASIH             |             * UNTUK SEMENTARA BERLAKU DI TARAKANITA WILAYAH JAKARTA & TANGERANG, UNTUK WILAYAH LAIN BERLAKU SHIFTING / KARYAWAN BERGANTIAN WORK FROM HOME.             |             SEHUBUNGAN DENGAN UPAYA PENCEGAHAN PENYEBARAN COVID-19 MAKA OPERASIONAL DI KANTOR PUSAT - KANTOR WILAYAH - SEKOLAH TARAKANITA, DITIADAKAN MULAI TANGGAL 20 MARET S/D 29 MARET 2020. SELANJUTNYA PROSES BELAJAR MENGAJAR DILAKUKAN JARAK JAUH DAN LAYANAN OPERASIONAL DENGAN WORK FROM HOME. TERIMA KASIH

Artikel :



Kelas Online Dengan Guru Tamu Yang Asik dan Kekinian


Selasa; 12 May 2020 [Admin, YAYASAN TARAKANITA PUSAT] - Artikel Umum

Franciscus Asisi Suyono
Kepala Sub Biro - Humas
Yayasan Tarakanita


Selasa, 5 Mei 2020 Telah diselenggarakan Pembelajaran Jarak Jauh di SMA  St. Carolus Surabaya. Pembelajaran Jarak Jauh diikuti oleh siswa kelas 10 IPA dengan mengangkat tema ekosistem.  Kegiatan Pembelajaran Jarak Jauh kali ini dimoderatori oleh ibu Dra. Finny Revina dengan menghadirkan guru tamu  Prof. Dr. Ir.  Agustinus Purna Irawan (Rektor Universitas Tarumanagara Jakarta).

Di awal pembelajaran Ibu Finny sebagai moderator mengawali dengan mengajak seluruh peserta didik berdoa bersama, Selanjutnya Ibu Finny menyapa peserta didik dan menyampaikan tujuan kegiatan pembelajaran ini dan selanjutnya mempersilahkan Prof. Agus untuk menyampaikan pemaparannya . Prof. Agus mengawali pemaparannya dengan menyapa dan memotivasi peserta didik untuk tetap rajin belajar dalam situasi seperti apapun. Selanjutnya Prof Agus  memaparkan materi pembelajaran. Pemaparan berjalan dengan lancar dan sangat menarik, di sana sini disertai dengan sedikit bercanda sehingga membuat pembelajaran berlangsung dalam suasana yang hangat dan penuh semangat persaudaraan.

Selesai pemaparan materi pembelajaran yang disampaikan oleh Prof Agus sebagai guru tamu, Ibu Finny selaku moderator memberi kesempatan kepada peserta didik untuk bertanya. Rupanya kesempatan ini sudah ditunggu-tunggu oleh para siswa, sehingga ketika diberi kesempatan untuk bertanya para siswa sangat antusias untuk menyampaikan pertanyaan dan terjadilah tanya jawab yang sangat menarik apalagi Prof Agus selalu menjawab pertanyaan dengan bahasa yang sederhana dan kekinian. Setelah tanya jawab dirasa cukup akhirnya ibu Finny menyapaikan ucapan terima kasih kepada Prof Agus yang berkenan hadir, membimbing dan memotivasi para siswa. Akhirnya bu Finny menutup pembelajaran dengan mengajak seluruh peserta didik berdoa bersama. 

Beberapa saat Setelah pembelajaran jarak jauh selesai, pihak sekolah mengajak para siswa untuk berfleksi atas kegiatan pembelajaran jarak jauh bersama Prof Agus.  Berikut ini adalah hasil refleksi sebagian  peserta didik atas pembelajaran jarak jauh yang baru saja dilaksanakan:

  1. Selama pembelajaran jarak jauh bersama Prof Agus, saya merasa Cukup puas dengan penjelasan yang diberikan beliau karena penjelasannya yang mencakup wawasan yang sangat luas dan menginspirasi saya untuk terus menggali dan menemukan hal-hal yang baru. dan untuk profil dari Prof Agus yang saya dapat bahwa Agus dapat menguasai materi dengan sangat baik dan penjelasannya yang mudah untuk dimengerti serta terlihat sangat sabar dalam menjelaskan (Jenifer kelas 10 IPA 1)
  2. pembelajaran jarak jauh pagi-pagi saya sudah merasa Cukup puas, walaupun saya masih merasa terganggu saat doa pembukaan Karena ada yang ribut.. Tetapi pada saat memasuki materi..  saya sudah dapat mengerti materi yang disampaikan bapak ibu guru..  Selain itu pada saat sesi tanya jawab, saya sangat terkejut dengan Prof Agus karena menurut saya Prof Agus menjawab semua pertanyaan dengan cepat, lengkap, Dan kritis (Kevin kelas 10 IPA 1)
  3. Saya merasa sangat beruntung karena diberi kesempatan yang langka bagi saya sendiri untuk dapat berbicara cara mau pun bertukar pikiran secara langsung dengan Prof Agus. dikesempatan ini bun saya mendapat jawaban terkait pertanyaan yang selalu saya tanyakan kepada diri saya sendiri. Selain itu selama pembelajaran jarak jauh bersama beliau juga dengan bergabung kelas lain saya juga bisa mendapati ilmu dan pengetahuan yang baru perkataan beliau pun sangat memotivasi saya ya untuk memiliki pemikiran yang lebih jauh dan lebih luas lagi (Putri kelas 10 IPA 2)
  4. Pertama kali sih  kelihatannya   ga seru  soalnya yang ngajar profesor.  Tapi saat pembelajaran di luar dugaan saya ya ternyata seru dan semua penjelasan dari profesor mudah saya pahami soalnya bahasanya ringan dan gampang.  kata-kata motivasinya  juga luar biasa (Hanung kelas 10 IPA 2
  5. Sangat menyenangkan tentunya,  jujur saya sebagai siswa,  walaupun selama pembelajaran bersama beliau, Saya hanya diam saja mendengarkan, dan hanya berbicara pada saat sesi tanya jawab,  hal tersebut tidak membuat saya bosan, karena beliau dapat membuat suasana belajar menjadi lebih diminati sehingga saya merasa ingin terus mendengarkan.  Prof Agus nya  sendiri seperti yang saya lihat, Orangnya asik  hehehe,  nadanya saat berbicara cara membuat saya nyaman dan tidak mengantuk, beliau juga wawasannya sangat luas,  sehingga tidak hanya terfokus pada materi yang dibawakan, tapi meluas sampai ke kehidupan nyata sehingga saya bisa mendapatkan pengetahuan yang lebih, dan mengetahui hal-hal baru (Merlyn kelas 10 IPA 2)
Terima kasih Prof Agus, Semoga kehadiran Prof Agus semakin memotivasi kami para peserta didik untuk selalu belajar guna mempersiapkan masa depan kami menjadi pemimpin yang cerdas yang berintegritas.  Dan semoga apapun yang kami lakukan selalu berguna untuk memuliakan Allah dan mengabdi sesama. (fas)






Komentar - komentar untuk artikel ini :
Belum ada komentar pada artikel ini..


Silahkan isi komentar pada form di bawah ini.
Nama :
Alamat Email :
Komentar :

Tuliskan Kode berikut :



Artikel Lainnya :