HOME
PROFILE
EVENT
ARTICLE
GALLERY
CAREER
PARTNERS

PPDB 2020/2021


DAFTAR UNIT :









Komentar Terbaru :


IP Address : 3.231.220.225
Pengunjung : 3.000.481


Newsflash :
MEMPERTIMBANGKAN SITUASI PANDEMI COVID-19, PEMBERLAKUAN PSBB DKI JAKARTA, DAN DEMI KELANCARAN OPERASIONAL SEKOLAH MAKA YAYASAN TARAKANITA MEMUTUSKAN MELAKUKAN PENUNDAAN RELOKASI SD TARAKANITA 2 DAN SMP TARAKANITA 1 KE JL. PULO RAYA IV/17, DAN SMK TARAKANITA KE JL. WOLTER MONGINSIDI 118. RELOKASI AKAN DILAKUKAN 1 JANUARI 2021. UNTUK KBM SEMESTER I 2020-2021 AKAN TETAP DILAKSANAKAN DI LOKASI SEKOLAH SAAT INI.             |             BERDASARKAN KEPUTUSAN PENGURUS YAYASAN TARAKANITA No : 128/BP.keb/YT/IV/2020 :             |             1. PEMBELAJARAN JARAK JAUH ( PJJ ) PESERTA DIDIK, DIPERPANJANG SAMPAI DENGAN 30 APRIL 2020. MASUK SEKOLAH KEMBALI TANGGAL 4 MEI 2020, DENGAN CATATAN SITUASI DAN KONDISI SUDAH MEMUNGKINKAN.             |             2. KARYAWAN KANTOR PUSAT, KARYAWAN KANWIL DAN SEKOLAH TARAKANITA TANGERANG, SURABAYA, JAKARTA MELAKUKAN PEKERJAAN DARI RUMAH ( WORK FROM HOME ) SECARA PENUH TANGGAL 15 - 24 APRIL 2020, DAN MASUK KERJA DENGAN SISTEM SHIFTING DIMULAI PADA TANGGAL 27 APRIL 2020. KARYAWAN KANWIL DAN SEKOLAH DI BENGKULU, LAHAT, JAWA TENGAH, DAN YOGYAKARTA MULAI TANGGAL 15 APRIL 2020 MASUK KERJA DENGAN SISTEM SHIFTING ( BERGANTIAN ). TERIMA KASIH             |             BERDASARKAN KEPUTUSAN PENGURUS YAYASAN TARAKANITA NO : 123/BP.skpjj/YT/III/2020 :             |             1. PEMBELAJARAN JARAK JAUH (PPJ) / DARING UNTUK PESERTA DIDIK DAN WORK FROM HOME PENUH (UNTUK WILAYAH JAKARTA, TANGERANG, YOGYAKARTA, SURABAYA, DAN JAWA TENGAH) MAUPUN SHIFTING ( UNTUK WILAYAH BENGKULU DAN LAHAT) UNTUK KARYAWAN, DIPERPANJANG SAMPAI DENGAN 3 APRIL 2020             |             2. TANGGAL 6 S.D 14 APRIL 2020 LIBUR PASKAH UNTUK SELURUH SISWA DAN KARYAWAN             |             3. TANGGAL 15 APRIL 2020 DIRENCANAKAN MASUK KERJA DAN SEKOLAH SEPERTI BIASA, DENGAN MELIHAT SITUASI DAN KONDISI, YANG AKAN DIPUTUSKAN PENGURUS YAYASAN TARAKANITA KEMUDIAN. TERIMA KASIH             |             * UNTUK SEMENTARA BERLAKU DI TARAKANITA WILAYAH JAKARTA & TANGERANG, UNTUK WILAYAH LAIN BERLAKU SHIFTING / KARYAWAN BERGANTIAN WORK FROM HOME.             |             SEHUBUNGAN DENGAN UPAYA PENCEGAHAN PENYEBARAN COVID-19 MAKA OPERASIONAL DI KANTOR PUSAT - KANTOR WILAYAH - SEKOLAH TARAKANITA, DITIADAKAN MULAI TANGGAL 20 MARET S/D 29 MARET 2020. SELANJUTNYA PROSES BELAJAR MENGAJAR DILAKUKAN JARAK JAUH DAN LAYANAN OPERASIONAL DENGAN WORK FROM HOME. TERIMA KASIH

Artikel :



Suarakan Edukasi


Senin; 11 May 2020 [Admin, YAYASAN TARAKANITA PUSAT] - Artikel Umum

                                                                         Filemon Sagala, S.Si


Salam sejahtera Suster, Bapak/Ibu, Teman-teman dan saudara-saudari semua. Saya sedikit ingin berbagi Pengalaman saya ketika diberi kepercayaan menjadi narasumber di beberapa lembaga pendidikan Nasional khususnya Provinsi DKI Jakarta. Menjadi Narasumber bukanlah hanya tentang kesiapan materi edukasi yang kita punya. Saya melalui jalan yang cukup panjang untuk menjadi Narasumber, dimana pada awalnya saya hanya ikut mencoba Lomba seleksi Guru membuat Pembelajaran berbasis TIK yang diadakan oleh Pustekkom Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Pada Lomba tersebut tahapan yang dilalui dikatakan cukup menantang karena terdiri dari 3 Level yang harus kita lewati. Level 1 menyajikan ujian daring (literasi TIK), level 2 membuat media ajar berbasis video ditambah ujian daring kembali, level 3 membuat bahan ajar dengan tatap muka. Setiap Level harus melebihi KKM penilaian, Jika tidak maka otomatis saya tidak lolos ke level berikutnya atau dinyatakan gugur. Ini bukanlah hal yang mudah karena harus berhadapan dengan ratusan ribu Guru Se-Indonesia yang mewakili Provinsi masing-masing baik Jenjang TK-SD-SMP-SMA dan SMK.

Pelaksanaan Level 1-3 berlangsung selama 6 bulan, Puji Tuhan saya mampu sampai ke level 3 bersama teman-teman yang lainnya. Peserta yang sampai pada tahap level 3 dikukuhkan sebagai Sahabat Rumah Belajar Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan khususnya bertugas di Provinsi DKI Jakarta. Proses yang saya lalu ini bukan tentang siapa yang menjadi pemenang lomba atau tidak , tetapi saya merasakan banyak sekali pengalaman saya peroleh dari  bisa saya eksplore secara terus menerus di bidang pendidikan khususnya di tempat saya bertugas di SD Tarakanita 5 Rawamangun Jakarta.

Hal yang membuat saya lebih bersyukur adalah sejak saat itu saya dan teman-teman di percaya menjadi Pemateri atau Narasumber di Lembaga Pendidikan baik secara On-air ataupun Off-air. Ini tentu tanggung jawab yang cukup besar karena menjadi Narasumber bukan hanya tentang mengajar peserta didik tetapi juga berbagi ilmu dengan Guru-guru se nusantara khususnya DKI Jakarta. Sungguh hal yang luar biasa yang saya dapatkan dan menjadi salah satu pengalaman berharga dalam hidup saya. Menjadi Narasumber memang pada awalnya membuat saya merasa seperti ada beban karena belum terbiasa untuk keluar, karena biasanya saya lakukan di internal. Lama kelamaan hal itu menjadi biasa dikarenakan banyak guru-guru hebat yang saling bersinergi memberikan dukungan untuk kemajuan pendidikan, hal ini yang membuat saya semakin bersemangat dan termotivasi untuk menyuarakan pendidikan.

Selain pengalaman yang saya utarakan di atas, saya juga mempunyai kesempatan yang lebih luar biasa lagi dengan memiliki kesempatan untuk berbagi dan menyentuh daerah pelajar-pelajar yang ada di pedalaman daerah 3T dengan membuat bahan ajar berupa konten video, web, gambar audio dan lainnya yang dapat mereka peroleh secara gratis melalui aplikasi Pustekkom Kemdikbud. Dimana konten-konten ini dipersembahkan oleh Guru-guru melalui tahapan seleksi tersebut.

Pengalaman-pengalaman tersebut menunjukkan bahwa menjadi guru tidak akan pernah berhenti belajar, akan banyak kejutan-kejutan yang datang seiring dengan berkembangnya teknologi. Teknologi menuntut kita untuk semakin berkreasi. Mari menjadi Guru yang menguasai zaman dan bukan ditelan oleh zaman. Salam edukasi untuk kita, Tuhan Memberkati Kita semuanya. Amin (fs)






Komentar - komentar untuk artikel ini :
Belum ada komentar pada artikel ini..


Silahkan isi komentar pada form di bawah ini.
Nama :
Alamat Email :
Komentar :

Tuliskan Kode berikut :



Artikel Lainnya :